WordPress adalah salah satu sistem manajemen konten (CMS) paling populer di dunia. Menurut W3Techs , lebih dari 37% dari semua situs web didukung oleh WordPress.

Dengan fitur kustomisasi dan ekosistem plugin yang dibuat oleh pengembang WordPress di seluruh dunia, Anda dapat membangun hampir semua jenis situs web menggunakan WordPress.

Namun, bagi konten kreator atau blogger yang menginginkan cara yang lebih sederhana untuk mengelola pekerjaan mereka, fitur WordPress bisa terasa sedikit berlebihan.

Pendatang baru Ghost – CMS yang berfokus pada konten yang dibuat untuk modern publisher.

Jika Anda sedang mencari alternatif WordPress yang lebih mudah digunakan, tidak terlalu kaku dan memiliki beberapa tambahan bawaan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan Ghost.

Dalam artikel ini, saya akan mencoba membandingkan Ghost CMS dengan WordPress untuk memberi Anda gambaran tentang fitur-fitur terbaik Ghost, dan ketika Anda mungkin ingin memilih Ghost daripada WordPress dan sebaliknya.

Mari langsung saja kita bahas:

Apa itu Ghost CMS?

Ghost diluncurkan oleh John O ‘Nolan pada tahun 2013 di Kickstarter sebagai “platform blog sumber terbuka (open source) yang membuat menulis menyenangkan dan menerbitkan dengan sederhana”.

Seperti WordPress, Ghost menawarkan CMS yang mudah digunakan untuk menerbitkan dan mengelola konten mereka secara online.

Meskipun kurang dari 0,1% situs web menggunakan Ghost CMS , ini adalah CMS yang disukai untuk perusahaan terkenal seperti Tinder, Buffer, dan Airtable .


Fitur Ghost CMS

Sekarang, mari kita lihat fitur terbaik Ghost:

User Interface yang sederhana dan intuitif

Saat Anda masuk, Anda akan melihat langsung dengan UI cantik yang menginspirasi Anda untuk menulis:

Jika Anda menyukai ruang bersih untuk menulis, Anda akan jatuh cinta dengan kanvas tulisan bebas gangguan Ghost:

ghost cms editor
editor di cms ghost

Tema profesional dan dirancang dengan baik

Tema di Ghost selalu dirancang secara profesional. Jika Anda menyukai desain bersih dan minimalis yang membawa konten Anda tampil lebih menawan, Ada banyak pilihan tema yangg bisa dipakai di ghost marketplace .

Ghost-CMS-Professional-Themes

Tema ini juga terlihat bagus di desktop dan seluler.


SEO Ready

Ghost hadir dengan fitur meta data SEO. Jadi, Anda memiliki alat dasar untuk optimasi SEO tanpa harus menginstal tambahan apa pun.

ghost vs wordpress seo
gosht seo

Ringan

Bahkan dengan semua fitur yang tersedia secara default, Ghost termasuk CMS yang ringan. Dibangun di Node.js, anda akan kaget karena hampir tidak ada jeda loading saat Anda membuka situs yang dibangun di atas Ghost CMS.

Situs cepat tidak hanya memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa bagi pembaca Anda, tetapi juga membantu peringkat situs web Anda lebih baik.

Integrasi

Ghost terintegrasi dengan aplikasi populer seperti Zapier, Slack, AMP, Unsplash, dan banyak lagi.

Integrasi ini dapat membantu Anda bekerja lebih cepat dengan mengotomatiskan beberapa alur kerja Anda.


Ghost CMS vs WordPress

Lantas, apa keunggulan menggunakan Ghost dibandingkan WordPress?

Lebih mudah digunakan

Ghost’s UI terasa lebih fresh dibandingkan dengan UI WordPress yang agak kuno. Bersih, modern, dan mudah digunakan.

Selain itu, hal-hal seperti SEO, dan keanggotaan – semuanya membutuhkan plugin eksternal di WordPress – tersedia secara default di Ghost.

Lebih cepat (tanpa pengoptimalan)

Dibangun di Node.js, situs Ghost sangat cepat digunakan, bahkan sebelum Anda mengoptimalkannya untuk kecepatan.

Sebagai perbandingan, situs WordPress mungkin masih memerlukan beberapa pengoptimalan kecepatan.

sinautani.com merupakan salah satu website kami yang dibuat menggunakan ghost cms
sinautani.com merupakan salah satu website kami yang dibuat menggunakan ghost cms

Tidak perlu banyak plugin, fokus pada konten

Dengan sebagian besar fitur blogging yang sudah default, anda dapat membangun situs yang berfokus pada konten lengkap di Ghost tanpa memerlukan plugin tambahan.

WordPress, di sisi lain, memulai dengan barebone yang cukup sederhana. Anda harus memasang banyak plugin untuk mendapatkan hal-hal dasar seperti SEO dan membership. Karena ini biasanya plugin pihak ketiga, Anda berisiko merusak situs Anda setiap kali Anda menjalankan pembaruan pada plugin yang diinstal.

Adsense blog memakai Ghost CMS?

Saya menggunakan Ghost CMS untuk website adsense saya. pengalaman instalasi ghost beserta integrasi dengan google adsense memang agak perlu trik jika anda menggunakan manual ads unit. namun jika anda menggunakan auto ads, integrasi terasa sangat mudah. tampilan iklan pun jadi terlihat lebih rapi.

tampilan adsense di sinautani yang memakai ghost cms
tampilan adsense di sinautani yang memakai ghost cms

Kelemahan Ghost CMS dibandingkan WordPress

Setelah melihat semua manfaat Ghost atas WordPress, sekarang mari kita lihat di mana WordPress lebih unggul dibandingkan dengan Ghost:

Terlalu “minimal”

Sementara Ghost CMS bersinar untuk situs yang berfokus pada konten, Anda tidak akan dapat membangun seluruh situs seperti yang Anda bisa dengan WordPress. Jika Anda ingin membangun situs perusahaan, misalnya, Anda akan lebih baik menggunakan WordPress.

Tema ghost juga cenderung juga terasa lebih minimalis dibandingkan dengan WordPress. Jika Anda lebih suka pendekatan yang lebih berpusat pada desain ke situs Anda, WordPress mungkin merupakan pilihan yang lebih aman.

Hosting mandiri Ghost termasuk lebih sulit

Saat ini, belum banyak host yang mendukung Ghost CMS. Tidak seperti WordPress, di mana pemasangan 1-klik ada di mana-mana, jika Anda ingin menghosting sendiri situs Ghost CMS, Anda harus mengetahui setidaknya beberapa trik dan menggunakan command line/SSH.

Selain itu, kemungkinan besar Anda harus menyimpannya di VPS. Secara pribadi, saya menggunakan hosting dari domainesia.com. kebetulan domainesia merupakan salah satu hosting indonesia yang sudah mensupport install ghost cms dangan fitur 1-click deploy.

Backup web cukup rumit

Pada tahap ini, backup dari Ghost dilakukan secara manual dengan mengekspor file. Meskipun saya yakin ini adalah sesuatu yang akan diperbaiki oleh tim Ghost di masa depan, sepertinya itu tidak menjadi prioritas untuk saat ini.

Satu-satunya cara untuk mengotomatiskan ini adalah dengan mengambil cadangan tingkat server, yang tidak ideal.


Siapa yang Harus Menggunakan Ghost CMS?

Sekarang setelah Anda melihat fitur, kelebihan dan kekurangan Ghost dari WordPress, Anda mungkin berpikir sendiri: apakah kebutuhan saya akan terpenuhi dengan menggunakan Ghost CMS?

Secara pribadi, menurut saya Ghost CMS adalah yang terbaik

  • Bagian blog untuk SaaS atau perusahaan yang memiliki situs utama berbeda
  • Penulis konten yang ingin cepat menghasilkan uang menggunakan membership
cms ghost cocok untuk blogging platform
cms ghost cocok untuk blogging platform

Kesimpulan: Ideal untuk Blogger, Tidak Bagus untuk Situs Web Lengkap

Ghost CMS adalah solusi ideal untuk blogger/ konten kreator yang ingin menumbuhkan audiens mereka dan memonetisasi konten mereka, tetapi tidak ingin repot-repot menyiapkan situs WordPress dengan semua bagiannya yang bergerak. SEO, dan keanggotaan dibangun di atas UI cantik yang menginspirasi Anda untuk membuat. Node.js juga berarti situsnya akan cepat.

Namun, tidak ada CMS yang sempurna. Kesederhanaan ada harganya – Anda tidak akan bisa membangun situs lengkap dengan Ghost. WordPress, di sisi lain, dapat disesuaikan tanpa henti. Anda dapat membangun semua jenis situs di atasnya. Dengan ekosistem global pengembang berbasis WordPress, dukungan selalu siap.

Yang mana yang harus dipilih tergantung pada tujuan situs Anda. Secara pribadi, saya menggunakan Ghost CMS untuk situs hanya konten dan WordPress untuk yang lainnya.

Apa pendapat Anda tentang Ghost CMS? Beri tahu saya jika Anda memiliki pengalaman menggunakannya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.